Makalah Sejarah Internet Dunia Dan Perkembangan Internet Di Indonesia

Makalah Sejarah Internet Dunia Dan Perkembangan Internet Di Indonesia


Kali ini kita membahas tentang Makalah Sejarah Internet Dunia Dan Perkembangan Internet Di Indonesia ^_^ .  Bila kalian punya tugas membuat karya ilmiah / membuat makalah, silahkan copy postingan ini. Tentunya bila langsung mengcopy langsung dari blog saya ini, hasilnya masih perlu perbaikan. Oleh karena itu saya sarankan setelah mengcopy postingan ini, kalian edit dahulu sebelum dikumpulkan ke pihak yang berwajib eh guru / dosen maksudnya :3. Terima kasih ^_^.  


KATA PENGANTAR

Tiada alunan indah yang pantas di ucapkan selain rasa syukur yang begitu besar atas karunia Allah Yang Maha Kuasa, Sang Pemberi Kesehatan sehingga tugas ini dapat diselesaikan. Dan tak lupa pula Salawat serta Taslim atas jujungan Nabi Besar Muhammad SAW. 

Dan tidak lupa pula ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  guru bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi atas bimbingannya dalam memberi materi pembelajaran maupun arahan-arahannya dalam pembuatan tugas ini.

Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, demikian pula dengan tugas ini. Oleh karena itu, saran dan kritikan yang membangun tetap dinantikan untuk menyelesaikan tugas dengan baik, terutama kepada guru bidang studi dan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas ini saya mengucapkan terima kasih.





         Penyusun


Linggar Djati Winakar




DAFTAR ISI

Kata Pengantai
Daftar Isi ii

Pendahuluan 1-2

A. Latar belakang 1
B.  Rumusan Masalah 1
C. Tujuan Penulisan 1
D. Manfaat Penulisan 2

Pembahasan 3-5

A. Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia 3-4
B. Dampak Positif Internet Bagi Masyarakat Indonesia 4
C. Dampak Negatif Internet Bagi Masyarakat Indonesia 4-5

Penutup 6

A. Kesimpulan 6
B. Saran 6
Daftar Pustaka 7




PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG

     Internet  merupakan  sebuah  revolusi  yang  merubah  ekonomi  dan  sosial  dunia  kita.  Negara-negara berlomba-lomba untuk mengambil keuntungan dari pengadopsian teknologi internet ini. Untuk  itu  berbagai  penelitian  berusaha  mengungkap  faktor-faktor  yang  bisa  mempercepat pengadopsian internet.  Makalah inI berusaha merangkum penelitian yang telah dilakukan dalam perkembangan internet  dan juga menjelaskan kondisi perkembangan internet di negara-negara di dunia.

       Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol ).
      
       Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Department of Defense ) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

       Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama “DARPA Internet”, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Tujuan  dari  penulisan makalah  ini  ialah  untuk menyimpulkan  penelitian-penelitian mengenai internet   yang  telah  dilakukan  sehingga  pembaca dapat lebih mudah mengambil intisari dari penelitian tersebut.

B.        RUMUSAN MASALAH

Pembahasan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :

         ·         Bagaimana sejarah perkembangan internet di Indonesia?

         ·         Bagaimana dampak positif perkembangan internet bagi masyarakat Indonesia?

         ·         Bagaimana dampak negatif perkembangan internet bagi masyarakat Indonesia?

C.        TUJUAN PENULISAN

Dalam penulisan makalah kami ini, kami sangat mengharapkan  agar para pembaca bisa sedikit memahami tentang Bagaimana sejarah perkembangan internet di Indonesia,serta bagaimana dampak positif dan dampak negatif perkembangan internet bagi masyarakat di indonesia tidak hanya dipelajari, tapi juga dipahami, dimengerti, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dampak positifnya.

D.       MANFAAT  PENULISAN
Setelah membaca makalah ini, kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan, khususnya tentang  sejarah perkembangan internet di indonesia, serta dampak positif dan dampak negatif perkembangan internet bagi masyarakat di indonesia.




PEMBAHASAN

A.      SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA

      RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarash jaringan komputer di Indonesia.

        Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti “KOMPAS” berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio” di akhir tahun 1990 dan awal tahun 1991. Juga beberapa artikel pendek di “Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB” di tahun 1989.

        Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amateur Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986. Bermodal pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dengan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV) sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo, berguru pada para senior radio amatir seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV), di band 40m. Robby Soebiakto merupakan pakar diantara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian didorong ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan “PaguyubanNet” di tahun 1992-1994. Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia di koordinir oleh Onno W. Purbo (YC0MLC). Koordinasi dan aktivitasnya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota “ORARI” dan di koordinasi melalui mailing list ORARI, seperti, “orari-news@yahoogroups.com”.

        Di tahun 1986-1987 yang merupakan awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia, Robby Soebiakto merupakan pionir di kalangan pelaku radio amatir Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengkaitkan banyak server BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990, komunikasi antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Kanada dengan panggilan YC1DAV/VE3 dengan rekan-rekan radio amatir di Indonesia dilakukan melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan Walkie Talkie 2 meteran, komunikasi antara Indonesia-Kanada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan radio amatir. Robby Soebiakto berhasil membangun gateway amatir satelit di rumahnya di Cinere melalui satelit-satelit “OSCAR” milik radio amatir kemudian melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara Indonesia-Kanada. Pengetahuan secara perlahan ditransfer dan berkembang melalui jaringan radio amatir ini.

1.       RMS Ibrahim (biasa dipanggil Ibam) merupakan motor dibalik operasional Internet di UI. RMS Ibrahim pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia “UNINET”. Protokol “UUCP“ yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai “IDNIC”.
2.       Muhammad Ihsan adalah staff peneliti di “LAPAN” Ranca Bungur tidak jauh dari Bogor yang di awal tahun 1990-an di dukung oleh pimpinannya Ibu Adrianti dalam kerjasama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi packet radio pada band 70cm & 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagai “JASIPAKTA” dengan dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP di operasikan di atas protokol ”AX.25” pada infrastruktur packet radio. Muhammad Ihsan mengoperasikan relay penghubung antara “ITB” di Bandung dengan gateway Internet yang ada di “BPPT” di tahun 1993-1998.
3.       Firman Siregar merupakan salah seorang motor di “ BPPT ” yang mengoperasikan gateway radio packet bekerja pada band 70cm di tahun 1993-1998-an. PC 386 sederhana menjalankan program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP. “IPTEKNET” masih berada di tahapan sangat awal perkembangannya saluran komunikasi ke internet masih menggunakan protokol X.25 melalui jaringan Sistem Komunikasi Data Paket (SKDP) terkait pada gateway di DLR Jerman.
4.       Putu sebuah nama yang melekat dengan perkembangan “PUSDATA DEPRIN” waktu masa kepemimpinan Bapak Menteri Tungki Ariwibowo menjalankan BBSpusdata.dprin.go.id“. Di masa awal perkembangannya BBS Pak Putu sangat berjasa dalam membangun pengguna e-mail khususnya di Jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai menteri Pak Tungki yang “maniak” IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan menjawab e-mail sendiri. Barangkali Pak Tungki adalah menteri pertama di Indonesia yang menjawab e-mail sendiri.
5.       Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota Amateur Radio Club (ARC) ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K. Arief, Arman Hazairin di dukung oleh Adi Indrayanto untuk mencoba mengembangkan gateway radio packet di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan “PaguyubanNet”. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem radio packet berupa Terminal Node Controller (TNC) merupakan peralatan pinjaman dari Muhammad Ihsan dari LAPAN.
6.       Berawal dari teknologi radio packet 1200bps, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke “RISTI Telkom” sebagai bagian dari “IPTEKNET” akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting.

B.      DAMPAK POSITIF  PERKEMBANGAN INTERNET  BAGI MASYARAKAT INDONESIA

o     Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
o     Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, FTP dan www ( world wide web – jaringan situs-situs web ) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
o     Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
o     Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
o     Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
o     Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

C.      DAMPAK NEGATIF  PERKEMBANGAN INTERNET BAGI MASYARAKAT INDONESIA

1.       Pornografi
         Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

2.       Violence and Gore
         Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat “menjual” situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

3.       Perjudian
         Tidak dipungkiri dengan adanya internet, sangat menguntungkan bagi pelaku perjudian. Betapa tidak, perjudian sekarang semakin marak, bahkan perjudian di internet diatur sedemikian rupa sehingga seseorang penjudi dapat berada di tempat yang jauh.

4.       Penipuan
         Penipuan di internet semakin marak dikarenakan kemudahan transaksi tatap muka yang kemudian berujung pada mudahnya seseorang ditipu oleh orang lain.

5.       Kecanduan Internet
         Internet dapat membuat kecanduan ketika seseorang telah sangat suka terhadap jejaring sosial ataupun game online hingga mengakibatkan lupa waktu dalam kehidupannya.

6.       Mengabaikan kehidupan sosial
         Ada kalanya seseorang dapat kecanduan internet, bisa saja menghiraukan kehidupan sosial disekelilingnya, orang tersebut dapat terpaku seharian di internet tanpa tahu apa yang ada di lingkungannya. Hal ini memang berbahaya, untuk itulah sebisa mungkin luangkan waktu sekedar berbincang dengan masyarakat sekitar.

7.       Hacking
         Sebuah usaha membobol jaringan dengan tujuan mencari kelemahan pada sistem jaringan tersebut.

8.       Cracking
         Sebuah usaha memasuki jaringan dengan tujuan untuk mencuri, mengedit bahkan menghancurkan data-data yang tersimpan disuatu jaringan.

9.       Carding
         Berbelanja dengan nomor dan identitas kredit orang lain yang diperoleh secara ilegal yang data-datanya dicuri melalui internet.

10.    Cyber-relational Addiction
         Keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin memalui internet ( chat room dan  virtual affair ) sampai kehilangan kontak dengan hubungan yang ada dalam duna nyata.

11.    Cybersexual Addiction
         Obsesi untuk melihat, mendownload, dan memperdagangkan pornografi. Chat Rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.




PENUTUP

A.      KESIMPULAN :

      Faktor  ekonomi merupakan  indikator  utama  dalam  perkembangan  Internet. Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia.  Ada hal yang mempengaruhi perkembangannya : adanya aspek revolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching ARPANET, adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks, adanya aspek sosial, dan adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur.

B.      SARAN :

        Sebaiknya  menggunakan referensi yang lebih akurat agar dapat menunjang para pembacanya, agar dapat mengetahui sejarah perkembangan internet di indonesia serta mengetahui dampak positif dan negatif perkembangan internet di Indonesia.




DAFTAR PUSTAKA



                    Demikian tadi pos pertama saya .Kritik dan saran saya terima dengan lapang dada. Semoga pembaca menjadi lebih tahu tentang perkembangan internet di Indonesia dan tugas karya ilmiahnya mendapat nilai yang baik. Jangan lupa, jadikan saya teman anda dengan klik disini. Sampai jumpa ^_^.


Perkembangan Internet Di Indonesia
Artikel Perkembangan Internet Di Indonesia
Internet Di Indonesia
Manfaat Internet Di Indonesia
Kelebihan Dan Kekurangan Internet Bagi Masyarakat Indonesia
Bahaya Internet
Dampak Positif Internet
Dampak Negatif Internet
Dampak Positif Dan Negatif Internet
Load disqus comments

2 komentar